Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Wednesday, 27 November 2013

Pengertian RAM dan Cara Memilih RAM

Pengertian Ram



A. PENGERTIAN RAM


RAM adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara yang dapat dibaca maupun ditulis oleh prosesor atau perangkat keras lainnya. Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.


MENGENAL BAGIAN-BAGIAN RAM


Secara fisik, komponen PC yang satu ini termasuk komponen dengan ukuran yang kecil dan sederhana. Dibandingkan dengan komponen PC lainnya.

Sekilas, ia hanya berupa sebuah potongan kecil PCB, dengan beberapa tambahan komponen hitam. Dengan tambahan titik-titik contact point, untuk memory berinteraksi dengan motherboard.

RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung :
  1. Data untuk diproses.
  2. Instruksi atau program, untuk memproses data.
  3. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device,secondary storage atau juga communication device.
  4. Instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari system Komputer.

Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM yang merupakan memori yang dapat di akses, artinya dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.

CAS Latency

Akronim CAS berasal dari singkatan column addres strobe atau column address select. Arti keduanya sama, yaitu lokasi spesifik dari sebuah data array pada modul DRAM.

CAS Latency, atau juga sering disingkat dengan CL, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan (dalam satuan clock cycle) selama delay waktu antara data request dikirimkan ke memory controller untuk proses read, sampai memory modul berhasil mengeluarkan data output. Semakin rendah spesifikasi CL yang dimiliki sebuah modul RAM, dengan clock speed yang sama, akan menghasilkan akses memory yang lebih cepat.

Hirarki Memory


Hirarki memori adalah suatu acuan yang digunakan oleh para perancang untuk menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk setiap bitnya.

Hirarki memori disusun sedemikian rupa agar semakin ke bawah memori dapat mengalami hal-hal berikut :
  • Peningkatan waktu akses memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat)
  • Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin ke atas semakin kecil.
  • Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh, semakin ke atas semakin dekat)
  • Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin murah, semakin ke atas semakin mahal.
Memori yang lebih kecil, lebih mahal diletakkan di posisi teratas dan yang paling dekat dengan prosesor. Urutannya sebagai berikut..
  1. Register Mikroprosesor. Ukurannya paling kecil tapi kecepatannya paling cepat. Umumnya 1 siklus cpu aja.
  2. Cache mikroprosesor disusun berdasarkan kedekatannya dengan prosesor (level-1, level-2, level-3, dan seterusnya). Memori cache mikroprosesor dikelaskan ke dalam tingkatan-tingkatannya sendiri:
    • Level-1 : memiliki ukuran paling kecil di antara semua cache, sekitar puluhan kilobyte saja. Kecepatannya paling cepat di antara semua cache.
    • Level-2 : memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cache level-1, yakni sekitar 64 kilobyte, 256 kilobyte, 512 kilobyte, 1024 kilobyte, atau lebih besar. Meski demikian, kecepatannya lebih lambat dibandingkan dengan level-1, dengan nilai latency kira-kira 2 kali hingga 10 kali. Cache level-2 ini bersifat opsional. Beberapa prosesor murah dan prosesor sebelum Intel Pentium tidak memiliki cache level-2.
    • Level-3 : memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cache level-2, yakni sekitar beberapa megabyte tapi agak lambat. Cache ini bersifat opsional. Umumnya digunakan pada prosesor-prosesor server dan workstation seperti Intel Xeon atau Intel Itanium. Beberapa prosesor desktop juga menawarkan cache level-3 (seperti halnya Intel Pentium Extreme Edition), meski ditebus dengan harga yang sangat tinggi.
  3. Jika Memori utama: memiliki akses yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan memori cache, dengan waktu akses hingga beberapa ratus siklus CPU, tapi ukurannya mencapai satuan gigabyte. Waktu akses pun kadang-kadang tidak seragam, khususnya dalam kasus mesin-mesin Non-uniform memory access (NUMA).
  4. Cache Cakram Magnetik, yang sebenarnya merupakan memori yang digunakan dalam memori utama untuk membantu kerja cakram magnetis.
  5. Cakram Magnetik : salah satu contoh dari cakram magnetis adalah Hard Disk. Kecepatan membacanya jauh lebih lambat dari memori utama
  6. Tape Magnetik : contoh dari tape magnetis adalah kaset video. Pembacaan datanya jauh lebih lambat dari cakram magnetic. Hal ini bisa dilihat dari seberapa cepat kaset tape atau video bisa kita putar.
  7. Cakram Optik : contoh dari cakram optic adalah DVD dan CD. Pembacannya jauh lebih lambat dari cakram magnetic.
Hirarki ini juga dibuat sedemikian rupa agar mekanisme transfer data bisa berjalan dengan lebih teratur dari level terendah sampai teratas.....

Hirarki ram


Cara Kerja RAM


Disini saya akan menjelaskan cara kerja RAM berdasarkan model lama dan baru.
  • Cara kerja RAM yang model lama :

Dari CPU terhubung melalui northbridge dan terhubung juga oleh address bus, control bus, dan data bus, lalu terhubung ke RAM.

Fungsi :                                                                                                                   
  1. Address bus meletakkan alamat ke RAM.
  2. Control bus melakukan pengontrolan instruksi – instruksi ke RAM
  3. Data bus memasukkan data – data ke chipset lalu northbridge ke CPU.

  • Cara kerja RAM yang model baru :

Dari CPU terhubung langsung ke address bus, control bus, dan data bus, lalu terhubung ke RAM.
Di model yang baru ini, northbridge tidak ada.

Clock Speed :
  1. DDR 1 = 200, 400, 533 ( 2,5 V ) -> BW = × 8 = misal masukkan 200 (DDR 1) = 1600 MHz Contoh : DDR 256 PC 3200 MHz = berarti hasilnya 400 ,yang merupakan dari DDR 1
  2. DDR 2 = 800, 535 ( 1,8 V )
  3. DDR 3 = 1024 ( 1,5 V )
  4. DDR 4 = 

Semakin kecil clock sicle, proses semakin cepat.....

B. CARA MEMILIH RAM YANG BAIK


Apabila Anda ingin membeli dan memilih RAM, carilah yang :
  1. Bandwitch ( BW ) harus lebih besar akan lebih baik.
  2. Delay / Latency harus lebih kecil akan lebih baik.


Metode Pemrosesan :

  • Single Channel, Slot yang ke 1 dan slot yang ke 2 tidak sama akan kapasitas RAM. Missal slot yang ke 1 di beri kapasitas 1 GB dan yang ke 2 di beri kapasitas 2 GB. Akan tetapi apabila kita memakai metode ini pemrosesan akan berjalan lambat.
  • Dual Channel, Harus ada 2 memory yang kembar identik maksudnya adalah kapasitas memory harus sama, tidak harus sepabrik, dan frekuensi harus sama. Dengan memakai metode dual channel ini pemrosesan akan berjalan lebih cepat. Berguna untuk memperbanyak BW dan mempercepat arus data / proses transfer data.

RAM yang tepat :

Jadi apabila memilih RAM, pilihlah dengan cara menggunakan Dual Channel, karena akan membantu pemrosesan yang berjalan lebih cepat. Perhatikan pula clock sicle, clock sicle yang berjumlah kecil juga akan membantu pemrosesan yang cepat. Dan BW harus lebih besar akan semakin baik,serta latency harus lebih kecil akan semakin baik.


DOWNLOAD FILE .DOC NYA DISINI : DROPBOX | MEDIAFIRE


1 comment:

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..