Berikut adalah langkah-langkah Socket Programming dalam bahasa C beserta capture screennya :
- Buka Teks Editor dan Copy Paste Source Code dibawah ini untuk membuat server, simpan dengan nama server C
/*
C socket server example
*/
#include<stdio.h>
#include<string.h> //strlen
#include<sys/socket.h>
#include<arpa/inet.h> //inet_addr
#include<unistd.h> //write
int main(int argc , char *argv[])
{
int socket_desc , client_sock , c , read_size;
struct sockaddr_in server , client;
char client_message[2000];
//Create socket
socket_desc = socket(AF_INET , SOCK_STREAM , 0);
if (socket_desc == -1)
{
printf("Could not create socket");
}
puts("Socket created");
//Prepare the sockaddr_in structure
server.sin_family = AF_INET;
server.sin_addr.s_addr = INADDR_ANY;
server.sin_port = htons( 8888 );
//Bind
if( bind(socket_desc,(struct sockaddr *)&server , sizeof(server)) < 0)
{
//print the error message
perror("bind failed. Error");
return 1;
}
puts("bind done");
//Listen
listen(socket_desc , 3);
//Accept and incoming connection
puts("Waiting for incoming connections...");
c = sizeof(struct sockaddr_in);
//accept connection from an incoming client
client_sock = accept(socket_desc, (struct sockaddr *)&client, (socklen_t*)&c);
if (client_sock < 0)
{
perror("accept failed");
return 1;
}
puts("Connection accepted");
//Receive a message from client
while( (read_size = recv(client_sock , client_message , 2000 , 0)) > 0 )
{
//Send the message back to client
write(client_sock , client_message , strlen(client_message));
}
if(read_size == 0)
{
puts("Client disconnected");
fflush(stdout);
}
else if(read_size == -1)
{
perror("recv failed");
}
return 0;
}
- Buka terminal lalu pindah direktori ke tempat Anda menyimpan source code tersebut, dan compile menggunakan perintah gcc -o server server C
- Run hasil compile server tadi dengan perintah ./server
- Langkah berikutnya adalah dengan membuat client, caranya copy paste source code berikut ini lalu save dengan nama client.c
/*
C ECHO client example using sockets
*/
#include<stdio.h> //printf
#include<string.h> //strlen
#include<sys/socket.h> //socket
#include<arpa/inet.h> //inet_addr
int main(int argc , char *argv[])
{
int sock;
struct sockaddr_in server;
char message[1000] , server_reply[2000];
//Create socket
sock = socket(AF_INET , SOCK_STREAM , 0);
if (sock == -1)
{
printf("Could not create socket");
}
puts("Socket created");
server.sin_addr.s_addr = inet_addr("127.0.0.1");
server.sin_family = AF_INET;
server.sin_port = htons( 8888 );
//Connect to remote server
if (connect(sock , (struct sockaddr *)&server , sizeof(server)) < 0)
{
perror("connect failed. Error");
return 1;
}
puts("Connected\n");
//keep communicating with server
while(1)
{
printf("Enter message : ");
scanf("%s" , message);
//Send some data
if( send(sock , message , strlen(message) , 0) < 0)
{
puts("Send failed");
return 1;
}
//Receive a reply from the server
if( recv(sock , server_reply , 2000 , 0) < 0)
{
puts("recv failed");
break;
}
puts("Server reply :");
puts(server_reply);
}
close(sock);
return 0;
}
- Buka terminal baru lalu compile client.c dengan perintah gcc -o client client.c
- Lalu run hasil compile tadi dengan perintah ./client. Maka Anda akan melihat tampilan seperti ini di terminal server dan terminal client
- Coba ketikkan Hai pada terminal client, maka server akan membalas dengan pesan yang sama dengan yang Anda ketikkan, berikut adalah contohnya.
- SELESAI, SEMOGA BERMANFAAT
No comments:
Post a Comment
BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..