Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 20 September 2016

Analisis Website Pixma Gaming Menggunakan Five Elements Of UX | Word .doc


Pixma Gaming adalah sarana atau tempat pendukung bisnis game Online DoTA2 dan Counter Strike Global Offensive (CS GO) dengan meyediakan berbagai fitur, yang menjamin keamanan user untuk bertransaksi jual beli item, (virtual item, dan item gaming).

Five Elements Of UX

1. Strategy


Strategy dalam pembuatan website tebagi menjadi dua hal :

1.1. User Needs dan Business Goals. User needs kita akan melihat pihak yang akan menggunakan produk/sistem/app/game yang akan dibuat. Apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan, apa yang membuat mereka bahagia, dan lain sebagainya.
  • 1.1.1. User Needs website Pixma gaming adalah forum dan tempat pertukaran item Game DoTA2. Website ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para Gamers DoTA2 dan CS GO untuk saling berinteraksi satu sama lain dan memberikan tempat untuk saling bertukarin formasi sampai bertukar item Game.

1.2. Business Goals adalah apa tujuan atau value dari produk ini bagi organisasi/bisnis/client. Apa yang disebut dengan sukses bagi organisasi. Misalnya jika produknya menghasilkan uang, jika produknya sukses meningkatkan awareness masyarakat, produknya sukses meningkatkan efisiensi, dan lain-lain.
  • 1.2.1. Business Goals dari website adalah memberikan efektifitas dan efisiensi bagi para Gamers DoTA2 CS GO untuk bias memdapatkan informasi, berita, bertukar item, hingga Jualbeli item di website Pixma Gaming ini.

2. Scope


Strategi akan menjadi scope ketika kita telah mendefinisikan dan menemukan antara user needs dengan business goals yang diterjemahkan dalam bentuk requirement. Di fase strategi setelah menggali apa yang diinginkan oleh organisasi dan dibutuhkan oleh penggunanya, kita akan menentukan apa yang perlu dibuat.

Biasanya ada dua hal yang dilakukan pada elemen scope yakni menentukan kebutuhan fungsional dan menentukan kebutuhan informasi/konten.

2.1. Kebutuhan Fungsional (functional requirement) adalah daftar dari fungsi atau fitur yang bias dilakukan oleh produk yang kita akan kembangkan
Kebutuhan fungsional (functional requirement) dari website adalah fitur yang dapat menunjang aktifitas yang menunjang para Gamers DoTA2 dan CS GO untuk menyatu dan berinteraksi satu sama lain di website. Fitur tersebut diantaranya, :
  • 2.1.1. News - Fitur News memungkinkan setiap Gamers tidak tertinggal berita seputar turnamen Game dunia dan berita – berita lain mengenai dunia Game.
  • 2.1.2. Marketplace - Marketplace adalah tempat penunjang para Gamers untuk melakukan transaksi jual beli seputar Game dari item game, sampai Hardware penunjang game.
  • 2.1.3. Trade - Bagi para Gamers yang ingin bertransaksi item namun tidak ingin mengeluarkan uang, fitur Trade ini memungkinkan setiap Gamers dapat bertukar item sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

2.2. Kebutuhan Konten (Content Requierement) adalah daftar dari informasi apa saja yang akan ditampilkan dan dalam bentuk apa.

Dari ketiga Fitur diatas, website memberikan informasi yang jelas di setiap Fiturnya agar user dapat memahami cara penggunaan dari setiap fitur yang disediakan oleh Develop.

Fase ini adalah fase yang cukup kritis dan perlu dibuat dokumentasi yang jelas karena penentuan scope sering menjadi sebuah bom waktu yang siap meledak. Ledakan tersebut bernama scope creeping. Scope creeping adalah melebarnya scope yang dikerjakan sepanjang proses pengembangan karena banyak hal.

3. Structure


Element struktur adalah bagaimana user berinteraksi dengan kumpulan fitur yang telah kita definisikan pada elemen scope. Pada elemen ini, kita akan coba menerjemahkan kumpulan fitur yang sudah kita buat di functional requirement menjadi interaction design. Lalu kumpulan bentuk konten dalam content requirement diterjemahkan menjadi information architecture.

3.1. Interaction Design akan membuat sekumpulan fungsi yang memiliki pola dan juga struktur. Kita akan menggambarkan apa yang akan terjadi jika user melakukan A, apa yang akan terjadijika user tidak melakukan B, bagaimana system bereaksi terhadap repson user, dan lain sebagainya. Kita akan mendeskripsikan berbagai interaksi antara user dengan system kita untuk bermacam kondisi.
  • 3.1.1. Home dari website Pixma gaming ini akan menampilkan ulasan Turnament yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Jika user menekan ulasan turnamen yang ada di home, secara langsung user akan dialihkanke fitur News. 

3.2. Information Architecture merupakan bagaimana kita mengorganisir dan mengatu informasi serta konten yang akan ditampilkan di dalam produk. Apa yang harus dilihat oleh user di layar A, seberapa banyak konten yang perlu ditunjukan, dalam bentuk apa konten tersebut ditampilkan, bagaimana cara mengakses konten tersebut, dimana konten disimpan, dan lain sebagainya.
  • 3.2.1. Konten dalam setiap fitur dibuat semenarik mungkin dan tidak terlalu banyak tampilan konten di setiap fiturnya. Hal ini dilakukan agar user fokus pada satu konten untuk di baca. Isi dari kontenya pun diuraikan secara singkat, padat, dan jelas serta tidak ketinggalan juga penambaan gambar dalam isi konten tersebut menjadikan konten semakin menarik untuk di simak.

4. Skeleton


Tahap skeleton inilah bentuk dari produk yang akan kita kembangkan mulai terlihat. Skeleton merupakan representasi dari produkkita. Skeleton akan memperlihatkan tombol apa akan berada dimana, di layar mana konten akan ditampilkan, seberapa besar ukuran konten yang ditampilkan, dan lain sebagainya.

Pada elemen skeleton, seorang UX designer yakni mengatur layar agar semua elemen berada dalam posisi yang tepat dan informasinya dalam proporsi yang baik.

4.1 Interface Design

Interface design dibuat sebisa mungkin mudah digunakan oleh user. Peletakan tombol untuk navigasi dibuat mudah untuk diakses. Gambar dan teks yang dimasukan dibuat sedemikian rupa supaya menarik.

4.2 Desain Navigasi

Desain navigasi dibuat supaya user dapat menggunakan fungsi dari website tersebut semaksimal mungkin. Mulai dari pemilihan barang sampai dengan memilih metode pembayaran. Mulai memasuki website, user sudah disuguhi dengan interface yang menarik dan navigasi yang memudahkan user untuk menggunakan website kami.

4.3 Desain Informasi

Desain informasi yang disajikan dibuat singkat padat dan jelas. Mulai dari gambar item yang dijual, spesifikasi, juga harga yang tertera. Semua informasi yang perlu diberikan, disajikan dengan lengkap agar pembeli/konsumen yang menggunakan website kami tidak kecewa dengan produk yang dijual di website kami.

5. Surface


Dalam elemen surface, kita bias melihat visual design. Kita bias melihat konten apa yang ditampilkan, apa warna dari tiap-tiap elemen, bagaimana tiap warna mempengaruhi informasi maupun interaksi, dan lain-lain. Di sinilah warna, gambar, typography, animasi, efek, dan berbagai komponen visual lainnya akan dikembangkan.

Kami mengembangkan desain tampilan website kami dengan membawa tema khas dari produk yang kami jual, yaitu mengenai DOTA dan Counter Strike. Gambar-gambar dan font yang dipilih juga disesuaikan dengan game aslinya, sehingga memberikan kesan bahwa website kami memang berkaitan dengan kedua game tersebut.

Item yang dijual pun memang berkaitan dengan kedua game tersebut. Mulai dari item yang dapat digunakan dalam game, hingga aksesoris lain seperti kaos, hiasan, gantungan kunci dan aksesoris lainnya juga berkaitn dengan kedua game tersebut.


Download Word nya DISINI


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive