Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday, 23 September 2016

Deskripsi Entrepreneur Video - Joi Ito: Want to Innovate? Become a "now-ist"



Dalam video ini Joi Ito menceritakan peristiwa pada tanggal 10 Maret 2011, di mana Joi Ito sedang berada di Cambridge pada pertemuan MIT Media Lab dengan dosen, mahasiswa, dan staf. Pada pertemuan itu Joi Ito bersama dosen, mahasiswa, dan staf sedang membicarakan untuk mencoba mencari tahu apakah Joi Ito harus menjadi direktur berikutnya.
Pada malam itu, terjadi gempa melanda pantai pasifik dari Jepang. Di mana istri dan keluarga Joi Ito berada di Jepang dan membuatnya panik yang ingin mengetahui kabar istri dan keluarganya apakah mereka dalam bahaya atau tidak. Orang – orang di TV pun tidak memberitahu apakah keluarga Joi Ito dalam bahaya.
Karena dengan kepanikan Joi Ito, ia pergi ke internet untuk mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi. Di internet Joi Ito menemukan banyak orang yang sama seperti dia yang sedang mencari tahu apa yang sedang terjadi, dan bersama – sama Joi Ito dan orang – orang tersebut membentuk kelompok “Safecast”. Joi Ito dan para kelompoknya memutuskan mencoba untuk mengukur radiasi dan mendapatkan data untuk orang lain, karena Joi Ito dan para kelompoknya mengetahui bahwa pemerintah tidak akan melakukan ini.
Tiga tahun kemudian, Joi Ito dan para kelompoknya memiliki 16 juta titik data. Di mana mereka telah merancang Geiger Counter yang dapat didownload desain dan hubungkan ke jaringan. Joi Ito dan para kelompoknya memiliki sebuah aplikasii yang menunjukkan sebagian besar radiasi di Jepang dan bagian lain dari dunia. Joi Ito dan para kelompoknya bisa dibilang salah satu yang paling sukses pada proyek ilmu pengetahuan warga di dunia dan mereka telah menciptakan dataset yang terbuka besar dari pengukuran radiasi.
Dalam hal ini menarik bagi Joi Ito dan para kelompoknya, bagaimana sekolompok yang amatir yang benar – benar tidak tahu apa yang dilakukan dan pemerintah benar – benar tidak mampu melakukannya. Joi Ito menyarankan bahwa ini ada hubungannya dengan internet. Ini adalah cara baru dalam melakukan sesuatu yang diaktifkan oleh internet dan banyaknya hal – hal lain yang terjadi dan Joi Ito berbicara sedikit tentang prinsip – prinsip baru. Dan kemudian internet menjadi sangat kompleks, sangat murah, sangat cepat, 
Joi Ito mengatakan, sebelum adanya internet, jika diingat ketika kita mencoba untuk menciptakan layanan. Kita membuat lapisan hardware dan lapisan jaringandan membutuhkan biaya jutaan dolar untuk membuat layanan. Internet adalah biaya inovasi yang turun begitu banyak karena biaya kolaborasi, biaya distribusi, biaya komunikasi, dan biaya untuk mencoba hal baru sehingga kita memiliki Google, Facebook, Yahoo. Jadi, internet disebabkan sebagai inovasi untuk perangkat lunak dan sebagai layanan.
Di Media Lab, Joi Ito dan para kelompoknya hanya melakuan berbagai macam hal. Joi Ito bercerita,tahun lalu Joi Ito dan para kelompoknya mengirimkan sekelompok siswa ke Shenzhen. Yang sangat mengagumkan, mereke tidak membuat prototipe atau PowerPoint. Sekolompok siswa tersebut mengutak – atik peralatan manufaktur dan berinovasi tepat pada peralatan manufaktur. Ternyata mereka membuat ponsel baru yang menjadi salah satu innovator dari Shenzhen. Ini adalah hal yang baru tetapi ini akan terjadi dan akan berubah seperti sama dengan perangkat lunak.
Jadi menurut Joi Ito, itu terjadi dalam perangkat lunak dan perangkat keras yang menjadi cara baru fundamental yang berpikir tentang inovasi. Salah satu prinsip favorit Joi Ito adalah kekuatan tarik yang menarik sumber daya dari jaringan yang dibutuhkan daripada segela sesuatu pengendalian. 
Jadi dalam kasus cerita Safecast, Joi Ito tidak tahu apa yang terjadi ketika gempa tetapi Joi Ito bisa menemukan Sean yang merupakan hackerspace organizer masyarakat dan Peter yang merupakan hacker hadware analog yang membuat Geiger dan dapat membangun sistem pemantauan Three Mile Islan. Orang – orang tersebut tidak akan mampu berhasil tanpa adanya jaringan.
Joi Ito putus sekolah tiga kali, tapi bagi Joi Ito pendidikan adalah apa yang orang lakukan untuk mereka dan belajar adalah apa yang seseorang lakukan untuk dirinya sendiri. Dalam kasus Safecast, sekelompok amatir yang memulai tiga tahun lalu bisa berpendapat bahwa kita mungkin sebagai kelompok yang lebih dari organisasi lain dengan cara mengumpulkan data dan menerbitkan data.
Ide selanjutnya adalah biaya menulis rencana atau pemetaan sesuatu semakin begitu mahal dan tidak sangat akurat atau berguna. Jadi, dalam cerita Safecast Joi Ito dan para kelompoknya tahu harus mengumpulkan data, mempublikasikan data. 
Jadi, Joi Ito pikir kabar baiknya adalah bahwa meskipun dunia sangat kompleks yang diperlukan adalah lakukan yang sangat sederhana. Joi Ito mengatakan bahwa kita perlu merencanakan segala sesuatu.


Download Deskripsinya DISINI


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive