Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday 23 September 2016

Makalah - ETIKA BISNIS | Word .doc


BAB 1 PENDAHULUAN 

1.1  Latar Belakang

Akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme pasar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar. Tumbuhnya perusahaan-perusahaan besar berupa grup-grup bisnis raksasa yang memproduksi barang dan jasa melalui anak-anak perusahaannya yang menguasai pangsa pasar yang secara luas menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat banyak, khususnya pengusaha menengah ke bawah. Kekhawatiran tersebut menimbulkan kecurigaan telah terjadinya suatu perbuatan tidak wajar dalam pengelolaan bisnis mereka dan berdampak sangat merugikan perusahaan lain.

Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbisnis, bahkan melanggar peraturan yang berlaku. Demikian pula sering terjadi perbuatan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan pihak birokrat dalam mendukung usaha bisnis pengusaha besar atau pengusaha keluarga pejabat. Peluang-peluang yang diberikan pemerintah pada masa orde baru telah memberi kesempatan pada usaha-usaha tertentu untuk melakukan penguasaan pangsa pasar secara tidak wajar. Keadaan tersebut didukung oleh orientasi bisnis yang tidak hanya pada produk dan kosumen tetapi lebih menekankan pada persaingan sehingga etika bisnis tidak lagi diperhatikan dan akhirnya telah menjadi praktek monopoli, persengkongkolan dan sebagainya.

Akhir-akhir ini pelanggaran etika bisnis dan persaingan tidak sehat dalam upaya penguasaan pangsa pasar terasa semakin memberatkan para pengusaha menengah kebawah yang kurang memiliki kemampuan bersaing karena perusahaan besar telah mulai merambah untuk menguasai bisnis dari hulu ke hilir.

Dengan lahirnya UU No.5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat diharapkan dapat mengurangi terjadinya pelanggaran etika bisnis.

1.2 Rumusan Masalah

  • Apa itu etika bisnis ?
  • Apa saja macam dari etika bisnis?
  • Bagaimana penerapan etika bisnis di sebuah perusahaan ?
  • Apa hubungan pelaku bisnis dengan etika bisnis?
  • Apa saja contoh kasus pelanggaran etika bisnis ?

1.3 Tujuan penulisan

  • Memahami pengertian etika bisnis
  • Mengerti macam macam dari etika bisnis
  • Mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis di perusahaan
  • Memahami prinsip pelaku bisnis dan hubungan nya dengan etika bisnis
  • Mengetahui contoh contoh kasus pelanggaran etika bisnis yang terjadi


BAB 2 & seterusnya ada di Makalah.. 
Download Makalahnya DISINI


1 comment:

  1. Etika bukan hanya dalam kehidupan nyata saja, di dalam berbisnis pun juga etikanya ya mas..
    Sharing tentang etika bisnis yang bagus nih mas.. lanjutkan mas..

    ReplyDelete

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive