Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday 12 June 2020

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel


1. Persiapkan Kamera

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel

Anda memiliki sekitar sepersepuluh detik untuk membuat kesan pertama, menurut Ian Siegel, salah satu pendiri CEO di ZipRecruiter. Oleh karena itu gunakanlah waktu itu dengan bijak

"Tersenyum ketika Anda mulai wawancara, itu akan memicu respons dari pewawancara dan juga membuat anda lebih rileks", katanya.

Anda juga harus berpakian seolah-olah wawancara itu dilakukan secara langsung, duduk tegak, rapih dan pastikan setiap ruang dalam bidikan kamera tidak berantakan.


2. Pikirkan Latar Belakang

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel

"Saat memilih lokasi wawancara, cari tempat yang memiliki latar belakang warna netral dengan sedikit gangguan", ujar Peter Baskin, Chief Product Officer di Modern Hire.

Anda ingin memilih ruang yang cukup terang, tetapi cahaya itu datang dari depan. Adanya latar cahaya berisiko membuat Anda terlihat seperti bayangan hitam dan menyulitkan untuk melihat ekspresi wajah, yang dapat membuat pewawancara kesulitan.

Pencahayaan alami paling baik digunakan. Jika memungkinkan, gunakan headset dengan mikrofon untuk membantu menyaring kebisingan sekitar.


3. Tunjukkan Antusiasme

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel

Anda harus selalu tampak bersemangat telah mendapatkan peluang wawancara kerja. Tetapi ketika Anda melakukan wawancara secara virtual, tunjukkan hal itu lebih besar lagi. "Tunjukkan antusiasme. Anda ingin diingat untuk betapa Anda sangat bersemangat", kata Siegel.

Apakah itu kencan atau wawancara kerja, 50% ketertarikan saat seseorang yang menunjukkan minat padamu terlebih dahulu.

"Mulailah wawancara dengan mengatakan sesuatu seperti: Saya senang bisa melakukan wawancara ini karena (isi bagian yang kosong dengan sesuatu yang spesifik)", saran Siegel.


4. Pertahankan Kontak Mata

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel

Penting untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa mereka mendapatkan perhatian penuh Anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu melihat kamera ketika memberikan jawaban.

Ini akan memberi para perekrut persepsi yang lebih baik tentang kontak mata. Dengan cara ini Anda secara alami akan terlihat memiliki kontak mata sambil berinteraksi terhadap tubuh pewawancara.

"Anda juga harus memastikan kamera setinggi mata. Hindari membuatnya tampak seolah-olah Anda mungkin melihat ke atas atau ke bawah pada perekrut di ujung yang lain", kata Baskin.

Mencatat juga dapat menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dengan seksama. Menulis sesuatu yang dilakukan seseorang, terutama ketika mereka menjawab pertanyaanmu, itu akan membuatmu terkesan.


5. Siap Berakting Saat Muncul Hal yang Tak Diduga

INI DIA, 5 TIPS SUKSES UNTUK WAWANCARA ONLINE The Zhemwel

Anda tentu sudah berusaha membuat zona bebas gangguan sebagai lokasi wawancara. Tapi kadangkala hal tak terduga terjadi. Misal ada kucing melompat atau tiba-tiba anak masuk karena penasaran dengan kamera anda.

Gunakan momen ini dengan baik. "Tertawa, jangan frustasi atau panik", saran Siegel.

Setiap orang memiliki kondisi yang sama saat melakukan kerja dari rumah. Sebab itu, bagaimana Anda bereaksi saat ada gangguan saat wawancara tetap menjadi perhatian.

"Wawancara video memperkenalkan tentang bagaimana Anda berada di bawah tekanan. Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan dan memberitahu (perekrut)". Siegel menandaskan.


No comments:

Post a Comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive