Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 30 June 2020

Tips Mengatasi Overthinking

Tips Mengatasi Overthinking The Zhemwel

Overthinking memiliki dam pak positif dan dampak negatif, tergantung dari seberapa seringnya kamu mengalami dan seberapa besar hal itu terjadi. Ada juga overthinking yang termasuk dalam gangguan psikologis karena memberikan efek kecemasan bagi penderitanya. Seseorang yang memiliki kecemasan berlebih, bisa menimbulkan sakit fisik lho. Dan dampak negatif itu yang harus di atasi, agar kamu tidak merasakan sakit fisik akibat overthinking mu. Berikut cara mengatasi overthinking


1. Menerima Kegagalan

Tips Mengatasi Overthinking The Zhemwel

Semua manusia pasti pernah merasakan kegagalan, atau bahkan kamu yang membaca saat ini sedang merasakan kegagalan. Menerima kegagalan memang sulit, namun jangan membuat kamu menjadi takut untuk mencoba sesuatu. Dan bahkan takut akan kegagalan. Ketika kita menerima suatu hasil yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan yang perlu kamu lakukan saat kamu gagal adalah belajar untuk menerima hal itu. Memang tidaklah mudah, perlu waktu dan usaha, namun percayalah bahwa semua orang pernah gagal. 
Karena pada dasarnya, kegagalan adalah suatu yang tidak bisa kita hindari dan juga tidak bisa kita kontrol atas semau kita. Oleh sebab itu, jadikanlah kegagalan sebagai suatu pelajaran agar kamu bisa melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dan pastinya lebih baik.


2. Mencoba Lebih Membuka Pikiran

Tips Mengatasi Overthinking The Zhemwel

Pemikiran terbuka bukan berarti menelan segala hal yang kamu terima secara mentah, namun kamu akan lebih menerima kehadiran dan pendapat orang lain bahkan yang baru kamu kenal sekalipun. Memiliki pemikiran terbuka juga berarti tidak akan mudah berprasangka buruk terhadap orang lain, menjadi manusia yang lebih optimis dan pastinya akan mengurangi tingkat stress. Dan perlahan akan mengurangi kebiasaan overthinking yang kamu miliki.


3. Memperluas Perspektif Diri

Tips Mengatasi Overthinking The Zhemwel

Kita sering tidak sadar seberapa pentingnya suatu hal yang kita pikirkan sampai membuang banyak waktu. Jadi, jika kamu sedang overthinking, coba renungi "Apakah masalah ini akan memiliki dampak untuk 3 bulan atau 3 tahun ke depan?". Dan jika kamu menyadari permasalahan yang kamu pikirkan ternyata tidak berdampak penting untuk kehidupanmu, maka buanglah pikiran tersebut. Cara ini akan melatih kamu untuk melihat segala sesuatu dari perspektif yang lebih luas.


4. Mencatat Apa Yang Kamu Pikirkan

Tips Mengatasi Overthinking The Zhemwel

Tidak semua orang suka menulis, namun ternyata menulis menjadi salah satu alternatif yang ampuh untuk menuangkan pikiran. Kita terkadang sering menyimpan suatu hal dalam pikiran, sehingga sering mengulang pemikiran tersebut tanpa henti atau menjadi overthinking. Maka, jika suatu saat kamu memiliki sesuatu pikiran, cobalah untuk menuliskan segala sesuatu yang ada di dalam pikiranmu sebagai media refleksi, transferkan apa yang terlintas di pikiranmu di atas sebuah kertas. Yang perlahan akan membantumu mengurangi overthingking. Karena apa yang kamu pikirkan, tidak terus berdiam di dalam pikiranmu, namun sudah kamu tuangkan dalam sebuah tulisan.

Nah, sekian tips singkat dari admin. Kamu tidak perlu melakukan semuanya itu untuk mengurangi overthinking, kamu bisa saja melakukan salah satunya namun secara konsisten. Karena semakin sering kamu berusaha mengatur pola pikirmu, semakin mudah agar kamu tidak overthinking. Semangat!!



Sumber : eventhunter


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive