Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 4 August 2020

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel

Bagi kamu yang sedang menimbah ilmu, kamu pasti sering di hadapkan sama tugas, PR, ujian, nilai dan segalamacam. Dan itu terkadang membuatmu bingung, apakah ilmu di sekolah dan kampus hanya seputar itu saja? Tulisan ini tidak menyuruh kamu untuk ga peduli dengan pendidikanmu, bukan bermaksud mengecilkan fungsi sekolah atau kampus, gutu ataupun dosen.

Sekolah atau kampus memberi banyak ilmu buatmu, namun ada beberapa yang harus di pelajari lagi, namun tidak ada di sekolah atau kampus. Berikut hal-hal tersebut:


1. Karir

Untuk kamu yang selama ini sekolah dan mengambil jurusan ipa atau ips atau mungking smk, lalu saat inging melanjutkan kuliah kalian bingung karena merasa ada yang berubah dan kurang cocok dengan ilmu dan bakat yang kamu miliki. Dan berpikir untuk mengganti jurusan. Sebenarnya bahas tentang karir, sekolah atau kampus tidak memberimu panduan akan karir, sehingga kamu yang harus menentukan sendiri seperti apa karirmu ke depannya. Merencanakan, memotivasi diri sendiri, membuat strategi untuk sampai di puncak yang kamu inginkan, semuanya harus kamu yang mencaritahu dan menentukannya.

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel


2. Mengenal Diri

Kamu belajar banyak di sekolah dan kampus, baik hardskill atau pun softskill, kemudian teori yang menggunung dengan sedikit praktik. Namun sampai saat ini, sekolah atau kampus tidak mengajarimu untuk mengenal diri sendiri, terutama kelemahan dan kemampuan diri. Dan juga hal apa yang kamu butuhkan untuk mencapau impianmu.

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel


3. Gagal

Sedari kecil kita dikenalkan dengan yang namanya 'juara' atau 'ranking'. Siapa yang mendapat nilai tinggi, maka ialah juaranya. Siapa yang nilainya paling tinggi, maka ia pintar. Kita sudah dihadapkan dengan namanya pertarungan, sehingga kita secara tidak sengaja di ajarkan untuk bertarung dan menjadi pemenang. Sehingga saat kamu sedang terjatuh, saat kamu sedang tidak berhasil dan gagal, kamu bingung harus bersikap seperti apa, kamu akan langsung menganggap dirimu kecil, dirimu tidak berhasil dan intinya dirimu negatif. Padahal kegagalan adalah bagian dari sukses. Seandainya kita diajarkan tentang gagal, Mimin yakin deh, pasti angka bunuh diri sedikit demi sedikit berkurang.

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel


4. Relasi

Kamu pasti pernah bertemu dengan orang, yang semuanya gampang dan mudah bagi dia. Tiba-tiba saja dia sudah ikut lomba, tiba-tiba sudah jadi pemenang, lalu tiba-tiba namanya sudah terpampang menjadi duta. Lalu kamu bertanya, kenapa ya aku ga pernah dengar info tentang hal tersebut?
Disinilah relasi itu bekerja, kamu seharusnya sedari kecil diajarkan untuk saling berelasi, bukan hanya untuk sekadar menyapa, namun untuk media belajar, mendapat peluang kerja dan sebagainya. Jadi, kamu harus belajar membangun relasi sendiri ya, supaya kamu bisa mendapat banyak informasi dari orang lain.

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel


5. Banyak Lagi

Masih banyak lagi hal yang tidak di pelajari di sekolah atau kampus, seperti mengatur keuangan secara dasar, berani berkomunikasi agar berani berbicara secara dasar, toleransi untuk tidak adanya bully dan banyak lagi.

Hal-Hal Berikut Ini Tidak Dipelajari di Sekolah dan Kampus The Zhemwel


Tidak apa jika kamu tidak pernah mempelajari hal itu dari sekolah atau kampusmu, tapi setidaknya itu melatihmu untuk belajar secara mandiri dan menjadi pribadi yang kuat. Agar tidak manja dan menjadi pribadi yang lemah. Semangad :)


By : @Shantamoyra


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive