Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Wednesday, 5 August 2020

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (Non Teknis)

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel

Kamu pasti sudah mencoba saat ingin mendapatkan pekerjaan. Mulai dari usaha, doa, skill dan bahkan attitude yang bisa di uji, namun kamu masih bingung kenapa tak kunjung mendapat pekerjaan. Sebelumnya, kamu harus memiliki kulifikasi yang sesuai, cv yang menarik dan relevan, tiap hari kirim lamaran, ikut tes tiap minggu dan juga persiapan psikotes dan interview ya, karena hal tadi adalah hal teknis. Dan mimin akan beri penjelasan tentang hal non teknis nya, simak ya!

1. Ga Pede

Mungkin kamu sudah pernah melakukan interview dan kemudian saat HRD bertanya kepadamu, namun kamu menjawab dengan tidak percaya diri, tidak menyebutkannya secara spesifik dan relevan. Hal ini akan menimbulkan keraguan juga kepada HRD, apakah kamu layak untuk bekerja atau tidak.
Jadi, kalau HRD bertanya apa kelebihanmu, kamu harus menjawab secara spesifik ya dan harus berhubungan dengan posisi kerja yang kamu lamar.

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel


2. Ga Yakin

Kamu mungkin sudah jenuh, sehingga tak jarang kalau kamu asal melemparkan lamaran tanpa tahu apakah itu pekerjaan yang sesuai sama dirimu dan keinginanmu. Hal-hal seperti ini juga yang membuat kamu tidak memliki pekerjaan hingga saat ini. Karena kamu tidak yakin akan pekerjaan itu, kamu bingung dan bahkan masih tidak tahu apa jobdesk kamu. Jangan sampai seperti itu ya! :)

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel


3. Ga Konsisten

Jika kamu ingin melamar pekerjaan, cobalah untuk menyaring lowongan pekerjaan yang ada. Mulai dari kulifikasi dengan dirimu, kemampuan dan juga keinginanmu. Sehingga saat kamu membuat CV, itu tidak asal dan juga tidak nyambung. Kalau misal kamu melempar semua lamaran ke setiap lowongan kerja yang buka, yang ada CV kamu akan berantakan dan saat interview kamu menjadi campur aduk karena kamu tidak konsisten melempar lamaran ke pekerjaan yang pasti dan sesuai. Jadi cukup lempar 1-2 lowongan pekerjaan dan itu paling sesuai dengan kemampuan, minat dan motivasi kamu yaa.

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel


4. Ga Sabar

Kamu baru saja melamar kemarin, namun sudah pengen langsung kerja hari ini. Baru saja kirim 11 lamaran, pengennya langsung dapat panggilan pekerjaan. Ingat ya, kamu harus SABAR! Semua hal itu butuh proses, termasuk rekruitmen. Maka kamu tetaplah kirim lamaran tanpa putus asa, jangan juga mager, dan jangan berlarut dengan lamaran kamu yang di tolak yaa, ehehe.

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel


5. Diri Sendiri

Apapun hasilnya, semua yang kamu peroleh nantinya adalah akibat dari apa yang kamu kerjakan, yang kamu usahakan dan bahkan yang kamu korbankan selama ini. Semua harus dimulai dari diri sendiri. Menerima bahwa ada yang kurang saat kamu berproses atau bahkan ada kesalahan saat kamu bekerja. Itu gapapa kok! Maka yang harus kamu lakukan adalah meperbaiki kesalahan, pertahankan dan tambah apa yang baik.

Hal yang Bikin Kamu Susah Dapat Kerja (non teknis) The Zhemwel


Untuk kamu, tetap semangat ya. Dan ingat poin di atas untuk kamu bisa berubah menjadi lebih baik lagi. Tetap semangat dan sukses selalu.


By : Dunia.Kerja


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive