Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday 28 August 2020

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel

Bagi kalian yang sudah mulai masuk SMA/K apalagi kamu yang kelak akan berkuliah, kamu harus memastikan apakah jurusan yang kamu ambil emang sesuai kemampuan dan bakat kamu. Karena kalau sempat menyadari bahwa kamu salah jurusan di tengah jalan, itu akan gawat banget. Selain membuang-buang waktu, kamu juga sudah membuang banyak uang dan lebih parahnya lagi, kamu bisa stress karena jurusan yang kamu ambil tidak sesuai minat dan bakatmu. Yuk kenali apa aja penyebab mahasiswa salah jurusan :


1. Mau Kuliah Karena Ikut-Ikutan

Banyak orang memilih untuk tidak lanjut kuliah karena lelah melihat mata pelajaran dan tugas yang menumpuk atau tidak melanjutkan pendidikan karena tidak memiliki biaya yang cukup. Nah, kalau memang sudah tidak ada minat untuk lanjut ke dunia perkuliahan, mendingan jangan lanjut deh. Hanya karena teman 1 geng-mu semuanya mau kuliah, kamu ikut maksa untuk kuliah, itu bisa gawat banget kalau kamu sampe salah pilihan. Hati-hati nyesal ya!

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel


2. Belum Menemukan Passion

Minat atau yang kini sering disebut passion adalah tujuan atau keinginan kamu kelak jadi apa. Kamu sudah tamat SMA/K, lalu kamu ingin melanjutkan kuliah, namun kamu bingung kamu mau yang mana, karena kamu belum tahu apa passion kamu. Lalu kamu masuk jurusan A, ternyata kamu tidak berminat didalamnya, fine-fine aja kalau kamu niatnya menambah ilmu, tapi alangkah indah kalau kamu mengambil jurusan yang memang kamu minati kan...

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel


3. Memilih Jurusan Karena Pilihan Orangtua

Tak bisa disalahkan jika orangtua punya harapan untuk anaknya dan bukan salahmu jika kamu harus masuk ke jurusan itu hanya karena itu pilihan orangtuamu. Tapi pada dasarnya, jurusan yang diinginkan orangtua, tidak sesuai dengan jurusan yang ingin kita masuki. Dan terkadang, kita jadi terjebak akan pilihan orangtua. Kalau poin ini, mimin cuma mau kasih semangat buat kamu, karena kamu menjadi anak yang berbakti:)

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel


4. Kuliah Karena Gengsi

Kalau yang satu ini bener-bener udah salah dalam niat ya! Karena pada dasarnya orang mau menjalani sesuai karena minat dan bakat, namun ini hanya karena ajang gengsi-gengsian. Jangan sampai kamu masuk jurusan itu karena gengsi ya! Karena kamu sendiri yang akan kesulitan menjalani hari-hari dengan jurusan yang semakin hari, akan semakin susah.

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel


5. Kurangnya Pengetahuan Tentang Jurusan yang Akan Dituju

Ini poin yang cukup fatal, karena sebelum kamu terjun ke suatu kehidupan baru, kamu harus sudah berifikir matang bagaimana hari-harimu menjalani kehidupan tersebut, siapa yang akan kamu temui, apa yang akan kamu lakukan dan apa yang kamu harapkan terjadi. Jadi, kalau ingin memilih suatu jurusan, ada baiknya kamu cari dahulu info seputar jurusan tersebut ya, supaya kamu punya gambaran bagaimana kamu mengikuti setiap mata pelajarannya.

Kenali Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan The Zhemwel


Inti dari semuanya, yaitu sebelum kamu menjalani suatu kegiatan baru, kamu harus mempersiapkan dirimu dengan matang, agar kamu bisa mendapat nilai dan manfaat dari kegiatan tersebut.


By : ShantaMoyra

No comments:

Post a Comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive