Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday, 14 August 2020

Mamfaat Vitamin B Bagi Tubuh


Selain vitamin E dan C, vitamin B kompleks juga dikenal bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Vitamin B kompleks adalah vitamin B yang terdiri dari 8 jenis yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Setiap jenis vitamin B tersebut bermanfaat untuk mendukung kinerja tubuh kita. 

Manfaat Vitamin B paling dirasakan memiliki dampak langsung pada energi, otak, dan metabolisme sel. Secara lebih rinci, fungsi Vitamin B kompleks tersebut bagi kesehatan adalah mendukung kesehatan sel, pertumbuhan sel darah merah, meningkatkan energi, fungsi penglihatan, fungsi otak, pencernaan yang baik, nafsu makan, fungsi saraf, produksi hormon dan kolesterol, dan kesehatan jantung.

Bagi wanita, vitamin B sangat penting terutama bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Vitamin tersebut membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Di samping itu, vitamin B dapat meningkatkan energi ibu hamil, mengurangi mual, dan menurunkan risiko preeklampsia.

Sementara bagi pria, vitamin B berguna meningkatkan kadar testosteron. Manfaat lainnya adalah membantu membangun otot dan meningkatkan kekuatan. 


8 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Seperti diketahui, vitamin B kompleks amat penting bagi kesehatan tubuhmu. Berikut ini penjelasan masing-masing peran vitamin B tersebut.
  1. Vitamin B1 (Thiamine) memiliki fungsi untuk meningkatkan energi. Vitamin ini mendorong sel tubuh agar memproduksi energi. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk kesehatan jantung dan metabolisme karbohidrat.
  2. Vitamin B2 (Riboflavin) dipercaya sangat berguna mampu melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya seperti kanker atau katarak. 
  3. Vitamin B3 (Niacin) memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi, dan mengatasi masalah sendi.
  4. Vitamin B5 (Asam Panthothenate) memiliki khasiat untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem saraf dan metabolisme, serta mengurangi alergi.
  5. Vitamin B6 (Pyridoxine) bertugas untuk membantu produksi sel darah merah. Selain itu juga dapat meringankan gejala darah tinggi.
  6. Vitamin B7 (Biotin) merupakan vitamin yang berperan dalam pelepasan energi dari karbohidrat. Vitamin ini juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku.
  7. Vitamin B9 (Asam Folat) berperan penting membentuk hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia.
  8. Vitamin B12 (Cobalamin) berguna dalam membentuk sel darah merah dan sistem saraf.  


Vitamin B untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jenis vitamin B yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah B6. Banyak riset membuktikan keterkaitan antara B6 dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Seperti riset yang dirilis di PubMed menyebutkan kekurangan vitamin B6 mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi yang terganggu.

Vitamin B6 membantu mengontrol kadar homocysteine ​​dalam darah. Selain itu, tubuh membutuhkan B6 untuk menyerap vitamin B12 dan membuat sel darah merah serta sel-sel sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 pun membantu tubuh dalam menghasilkan serotonin. Dengan terpenuhinya Vitamin B6 berdampak langsung terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh karena meningkatnya produksi antibodi.

Selain vitamin B6, vitamin yang juga berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh adalah B2 (riboflavin). Untuk menghindari kekurangan B2, bagi pria direkomendasikan untuk mengkonsumsi 1,3 mg vitamin B2 setiap hari. Sementara untuk wanita adalah 1,1 mg per hari. Namun jika untuk wanita hamil atau menyusui maka memerlukan konsumsi B2 yang lebih tinggi yaitu 1,4 mg dan 1,6 mg setiap hari

Fungsi vitamin B2 adalah membantu metabolisme makanan sampai menjadi energi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan energi maupun sistem kekebalan tubuh, dianjurkan konsumsi vitamin ini setiap hari.

Sementara vitamin B9 atau asam folat (folat) juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin ini dapat berdampak mudah depresi, insomnia, mudah lelah, dan bisa timbul kecemasan.
Kemudian vitamin B12 juga sangat membantu metabolisme sel tubuh manusia, khususnya mempengaruhi sintesis DNA, asam lemak, dan metabolisme asam amino. Jika kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berkurangnya respon imun tubuh ketika terjadi serangan infeksi virus atau bakteri. Dengan kata lain, vitamin B12 berefek langsung dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita.
Ya, jenis vitamin B kompleks yang memiliki peran bagus untuk imun tubuh adalah vitamin B2, B6, B9 dan B12.


Vitamin B Kompleks Untuk Sistem Imun Tubuh yang Bagus Ada di Jovee

Amat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks setiap hari. Bagi kamu yang sibuk, secara praktis bisa konsumsi suplemen Jovee untuk mendapatkan asupan ini.

Ada paket suplemen Immunity Booster Plus dari Jovee yang mengandung vitamin B kompleks, magnesium, garlic, echinacea, serta noni. Paket suplemen dengan harga IDR 249K bisa kamu konsumsi untuk satu bulan. Kandungan yang lengkap membuatnya amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih lengkapnya mengenai suplemen yang mengandung B complex ini bisa kamu simak di cegah korona


Cara Konsumsi Vitamin B-Kompleks

Manfaat suplemen berisi vitamin B kompleks untuk kesehatan tubuh sudah banyak dirasakan. Meski begitu, kamu perlu tahu cara konsumsi B komplek yang benar. 

Umumnya suplemen kesehatan-termasuk yang mengandung B kompleks-dapat dikonsumsi 2-3 tablet per hari. Kamu bisa baca petunjuk yang tertera dalam penggunaan. 

Sebaiknya kamu mengkonsumsi suplemen vitamin B ini setelah makan. Kamu bisa minum bersama satu gelas air agar vitamin ini lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Vitamin B ini baik dikonsumsi secara rutin. Yang terpenting adalah jangan melebihi dosis sesuai ketentuan. 

Itulah beberapa manfaat vitamin b kompleks untuk sistem imun tubuh. Untuk informasi kesehatan lainnya, daftarkan emailmu untuk berlangganan di newsletter Ngovee.


Sumber Informasi : Google

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive