Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 25 August 2020

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah?

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel

Sekolah wajib di Indonesia adalah selama 12 tahun, yaitu dari SD, SMP dan akhirnya SMA/K. Dan setelah tamat sekolah, tak ada kewajiban kalau kamu harus melanjutkan pendidikan, semua pilihan ada ditanganmu. Tapi kalau kamu mau kuliah, kamu wajib tahu nih apa perbedaan antara sekolah dan kuliah, Simak Yuk!

1. Buku yang Dibawa

Semasa sekolah pastinya kamu diwajibkan membawa banyak buku, baik buku paket setiap mata pelajaran dan juga buku catatan lainnya yang berbeda disetiap mata pelajarannya. Sanking banyaknya, tas rasanya sangat berat dan bisa-bisa tidak muat. Namun beda halnya dengan sekolah, pada saat kuliah umumnya kamu hanya perlu membawa 1 buku saja, bahkan hanya membawa 1 buku catatan untuk semua mata kuliah. Karena biasanya anak kuliah menggunakan binder untuk mencatat dan kertasnya itu bisa diubah posisinya dan juga ditambah atau dikurang.

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel


2. Pakaian yang Dikenakan

Saat sekolah pastinya kamu diwajibkan untuk memakai seragam (beda halnya sekolah internasional). Dari hari ke hari, hanya mengganti pakaian seragam sesuai hari, lalu menggunakan kaus kaki wajib dengan sepatu. Namun saat kuliah, kamu boleh menggunakan baju bebas selama itu rapi, sopan dan tetap bersepatu ya. Karena bebasnya, tak jarang kamu akan kebingungan sendiri mau pakai baju apa saat ke kuliah.

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel


3. Tempat Tinggal

Ketika sekolah, kamu mungkin masih ada yang tinggal bersama orangtua beserta anggota keluarga di rumah. Namun saat kuliah, bagi kamu yang merantau, kamu harus siap tinggal jauh dari keluarga dan kamu harus pinter mengatur keuanganmu untuk membeli kebutuhan setiap harinya selama merantau.

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel


4. Motivasi Belajar

Tak jarang saat masih sekolah, tujuan belajar hanyalah untuk mencapai nilai bagus agar bisa segera lulus, lalu menempuh kuliah. Namun saat kamu masuk kuliah, kamu akana memiliki motivasi belajar yang berbeda, yaitu dengan nilai bagus agar kamu tidak perlu mengulang mata kuliah tersebut di semester depan atau kamu mencari celah untuk ikut semester pendek agar cepat lulus.

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel


5. Waktu Liburan

Selama sekolah, pasti waktu liburan yang panjang akan dijadikan momen untuk berlibur ke rumah nenek dan kamu jangan berharap saat kuliah kamu akan merasakan hal yang sama. Karena saat kuliah nanti, liburanmu tidak akan tenang, namun akan sibuk dengan banyaknya tugas kampus, penelitian, ngospek maba, rapat organisasi dan lain sebagainya yang perlu untuk diselesaikan.

Mau Tahu Apa Aja Perbedaan Sekolah dan Kuliah? The Zhemwel


Nah, kamu yang masih sekolah udah ada gambaran saat kuliah nanti, belum? Kalau kamu yang sudah kuliah, pasti kamu akan tertawa mengingat masa-masa SMA/K sebelum lanjut ke perkuliahan.


By : @ShantaMoyra


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive