Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Wednesday, 2 September 2020

Teknik Relaksasi Ketika Kamu Stres, Panik dan Cemas

Teknik Relaksasi Ketika Kamu Stres, Panik dan Cemas The Zhemwel


Relaksasi bertujuan agar kamu merasa sedikit lebih tenang dan tidak terlalu tegang ketika sedang mengalami fase stres, panik dan cemas. Akan dijelaskan 3 teknik relaksasi, simak yuk!

1. Relaksasi Pernapasan

Relaksasi pernapasan merupakan teknik dasar dari teknik relaksasi lainnya. Relaksasi ini mudah dilakukan kapan pun dan dimana pun dengan posisi yang nyaman. Langkahnya yaitu:

  • Menaruh satu tangan di atas perut, satu tangan di atas dada, kemudian ambil nafas sampai terasa memenuhi seluruh paru-paru. 
  • Tahan nafas sesaat, keluarkan perlahan melalui mulut seperti ingin bersiul agar aliran udara terkntrol. 
  • Ulangi tahap 1 dan 2. 
  • Lakukan selama 5-10 menit.

Teknik Relaksasi Ketika Kamu Stres, Panik dan Cemas The Zhemwel


2. Relaksasi Otot

Relaksasi ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan dengan cara melemaskan otot-otot badan. Cara melakukannya, yaitu tegangkan otot lalu lemaskan. Kemudian rasakan dan nikmati perbedaan antara ketika ototmu tegang dan lemas. Otot yang dikenakan adalah otot lengan, tanganm bisep, bahu, leher, wajah, perut dan kaki.

Fase menegangkan otot membantumu menyadari sensasi terkait kecemasan, sensasi tersebut bertindak sebagai isyarat untuk anda melemaskan ketegangan yang ada. Lemaskan otot yang tegang dengan cepat, seolah-olah anda mengeluarkan ketegangan dari tubuh sehingga anda akan merasa lebih rileks.

Teknik Relaksasi Ketika Kamu Stres, Panik dan Cemas The Zhemwel


3. Relaksasi Tempat Kedamaian 

Tempat kedamaian adalah tempat yang pernah membuatmu sangat nyaman. Relaksasi ini bertujuan untuk membangun kembali tempat tersebut didalam pikiranmu dan menggambarkannya dengan jelas, apa yang kamu lihat, dengar, rasa dan juga yang kamu sentuh. Relaksasi ini bisa menenangkan pikiran yang sedang kacau. Caranya yaitu:

  • Mulai perlahan menutup mata dan fokus pada nafasmu. 
  • Coba rileks dan kosongkan pikiranmu. 
  • Penuhi pikiranmu dengan bayangan yang membuatmu merasa damai, tenang dan bebas dari segala gangguang. 
  • Perdengaran difokuskan pada semua detail dari pemandangan bayanganmu tersebut. Mulai dari apa yang kamu lihat, yang kamu dengar, dan yang kamu aroma yang tercium. 
  • Dalam melakukan teknik ini, dapat dilakukan juga audiotape dengan musik yang lembut atau suara-suara alam sebagai background. 
  • Lakukan selama 10-20 menit.

Teknik Relaksasi Ketika Kamu Stres, Panik dan Cemas The Zhemwel


Selamat Mencoba Ya:)


By : Klee.Id


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive