Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Saturday, 5 September 2020

Yuk Mengenal Toxic Masculinity

Yuk Mengenal Toxic Masculinity The Zhemwel

Stigma masyrakat sering banget menuntut laki-laki untuk machi setiap saat, tidak merawat diri, bersikap tegas dan cenderung kasar serta tidak boleh mengekpresikan kesedihan. Jika demikian, itu tandanya kamu sedang berada dalam Toxic Masculinity.

Sebab Munculnya Toxic Masculinity

Toxic masculinity berawal dari budaya patriarki yang diajarkan secara turun temurun oleh orang tua ke anak sehingga membentuk pola yang tidak berujung. Budaya ini percaya bahwa laki-laki yang memegang kekuasaan utama dalam berbagai aspek kehidupan dan bukan perempuan.
Maka disinilah mulai terbentuk stigma bahwa laki-laki harus selalu tangguhm berani, mampu mengerjakan banyak hal dan tidak boleh terlihat lemah.


Dampak Buruk Toxic Masculinity


1. Dapat Mengganggu Kesehatan Mental

Memasang standar pada laki-laki untuk tidak menangis, sama saja melarang mereka mengekpresikan perasaan dan menceritakan masalah hidupnya. Jika melarang seseorang untuk mengekspresikan perasaan, maka lama-kelamaan hal ini bisa memicu kesehatan mental, karena kebiasaan untuk memendam semuanya sendirian.

Yuk Mengenal Toxic Masculinity The Zhemwel


2. Dapat Memancing Seseorang Untuk Menyakiti Orang Sekitar

Dengan memiliki pola pikir toxic masculinity, kamu bisa saja menyakiti orang sekitarmu. Karena kamu bisa cenderung lebih mudah merendahkan orang lain yang perilakunya tidak sesuai dengan pola pikir kamu.

Yuk Mengenal Toxic Masculinity The Zhemwel


Yuk, melawan toxic masculinity dimulai dari diri sendiri!


1. Normalisasi Laki-laki yang Mengeksprsikan Perasaan

Karena laki-laki juga manusia, maka laki-laki juga bisa merasakan emosi, galau, nangis, atau yang lainnya. Karena emosi manusia itu wajar, apapun gendernya.

Yuk Mengenal Toxic Masculinity The Zhemwel


2. Hormati Prefensi Setiap Laki-Laki

Setiap orang memiliki prefensi dan kesukaan masing-masing. Kalau laki-laki disekitarmu tidak suka nonton pertandingan bola dan lebih suka memasak, bukan berarti jiwa laki-lakinya terenggut lho.

Yuk Mengenal Toxic Masculinity The Zhemwel


Kamu tetap laki-laki meskipun kamu skincare-an, tidak pandai berantam, mengekspresikan perasaanmu, suka masak, tidak suka main bola, tidak suka minum-minum atau pun merokok.


By : satu.persen

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive