Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 26 January 2021

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel

Melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah sebuah impian. Namun kamu pasti berpikir akan dana, bagaimana caranya dan banyak lagi. Namun kamu bisa mencoba beberapa poin berikut jika kamu ingin berkuliah di luar negeri.



1. Beasiswa Universitas

Selain beasiswa dari pemerintah, ada jenis bantuan dana lain yang langsung disediakan oleh universitas luar negeri yang bersangkutan. Biasanya, untuk mendapatkan beasiswa jenis ini kamu harus sudah diterima terlebih dahulu di universitas tersebut (tentu dengan mengumpulkan dokumen yang diperlukan dan membayar uang pendaftaran). Setelah kamu terdaftar, kamu bisa melamar lagi untuk mendapatkan bantuan dana dari universitas tersebut.

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel


2. Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar adalah salah satu opsi mudah lainnya untuk mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri. Tentu saja kamu harus benar-benar berprestasi di kampus atau sekolah kamu jika ingin memperoleh satu tempat dalam pertukaran pelajar. Keaktifan berorganisasi, kepribadian dan keahlian khusus juga menjadi aspek pertimbangan untuk seleksi pertukaran pelajar. Di atas semua itu, kamu tentunya juga harus meraih nilai akademis yang baik dengan IP rata-rata 3.0 atau nilai rapor 75%. Biasanya kamu tidak hanya mendapat kesempatan untuk berkuliah, namun juga tinggal bersama sebuah keluarga lokal di negara tersebut.

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel


3. Student Loan (Peminjaman Uang Kuliah)

Cukup banyak pelajar Indonesia yang berkuliah di Singapura (terutama di NTU dan NUS) dengan mengambil program Student Loan. Program ini memberikan kesempatan para pelajar untuk berkuliah di universitas tertentu dengan cara meminjamkan sejumlah besar uang. Uang tersebut nantinya bisa digantikan setelah sang mahasiswa lulus dan mendapatkan pekerjaan.

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel


4. Riset

Jika kamu memiliki atau terlibat dalam sebuah riset penelitian tertentu yang kira-kira berpeluang untuk dilaksanakan di luar negeri, cobalah untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah maupun pihak swasta. Biasanya beasiswa jenis ini diajukan oleh lulusan S-2 yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S-3.

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel


5. Seminar

Satu lagi kesempatan untuk belajar di luar negeri adalah dengan cara mengikuti seminar-seminar akademis yang diadakan di negara-negara lain. Karena seminar biasanya hanya berlangsung dalam hitungan hari, kamu hanya memerlukan visa turis untuk memasuki negara tersebut sehingga prosesnya terbilang cukup singkat.

5 Cara Mudah Untuk Kuliah di Luar Negeri. The Zhemwel


Jadi gimana, kamu mau coba yang mana?


By : @kuliah_luar_negeri


1 comment:

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive