Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 12 January 2021

Bahaya Terlalu Banyak Minta Maaf

Bahaya Terlalu Banyak Minta Maaf. The Zhemwel

Minta maaf adalah salah satu kewajiban setiap manusia kalau habi membuat kesalahan. Kalau berbuat salah, ya minta maaf, normalnya sih begitu. Minta maaf memang hal yang baik, namun kalau sudah berlebihan, pasti ada dampak buruknya juga. Over-apologizing adalah istilah bagi mereka yang terlalu banyak minta maaf.


1. Mudah Dimanfaatin Orang

Orang lain akan seenaknya sama kamu karena mereka tau kalau kamu akan selalu minta maaf dan akan memaafkan mereka. Jadi kalau mereka berbuat salah ke kamu, kamu mikirnya kamu yang bebruat salah, makanya kamu minta maaf. Dan ketika mereka berbuat kesalahan yang sama dalam beberapa kali, mereka pasti akan mikir kalau kamu bakal maafin mereka. Hal ini tidaklah baik bagi kamu, karena terkadang kita butuh menahan rasa maaf, agar mereka yang berbuat salah ke kita bisa menyadari diri akan kesalahannya.

Bahaya Terlalu Banyak Minta Maaf. The Zhemwel


2. Mudah Overthinking

Karena kamu beranggapan bahwa semua yang terjadi adalah salah kamu, hal ini menjadi hal yang tidak baik karena kamu menjadi overthinking akan kejadian yang terjadi. Ketika terjadi sesuatu yang tidak meng-enakkan, kamu akan menimpa kesalahan itu kepada dirimu, dan kamu akan memikirkan itu terus. Padahal sebearnya bukan kamu yang berbuat salah.

Bahaya Terlalu Banyak Minta Maaf. The Zhemwel


3. Rasa Percaya Diri Berkurang

Karena kamu terlalusering meminta maaf, membuat kamu merasa apa yang kamu lakuin itu serba salah dan hal ini berdampak ke kepercayaan dirimu yang berkurang. Jika di kepercayaan, kamu takut untuk menjaga dan melaksanakannya, ketika dikasih tanggung jawab, kamu tidak berani melaksanakannya karena takut salah.

Bahaya Terlalu Banyak Minta Maaf. The Zhemwel

Solusi untuk orang yang over-apologizing:

  • Sadari batasan dan perilaku diri sendiri
  • Tanya sama diri sendiri, kadang kamu merasa salah, tapi apakah memang benar kamu berbuat salah atau tidak?
  • Minta pendapat orang lain apakah kamu melakukan kesalahan atau tidak sebelum kamu minta maaf


By : @mudah.bergaul


1 comment:

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive