Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Wednesday, 17 February 2016

Review Paper - Application of Wireless Sensor Network in Monitoring System Based on Zigbee




Pada Paper ini penulis menjelaskan tentang desain sistem monitoring pada WSN dengan zigbee teknologi. Penggunaan  zigbee pada sistem ini karena dikatanan bahwa ZigBee memiliki kompelsitas yang rendah dan juga konsumsi energi yang rendah. Disadari atau tidak penggunaan sensor di ruang lingkup yang besar membutuhkan banyak sensor dan juga dibutuhkan komunikasi yang memiliki konsumsi daya rendah.


1. ZigBee Technology Overview

ZigBee adalah teknologi wireless yang rendah konsumsi energi ,kompleksitas, dan data rate yang umumnya digunakan untuk wireless sensor network. ZigBee memiliki standar IEEE 802.15.4. ZigBee memiliki 3 jenis topologi jaringan yaitu tree, star dan network topology



2. THE DESIGN OF WIRELESS SENSOR NETWORK IN THE MONITORING SYSTEM BASED ON ZIGBEE




Pada gambar di atas ditunjukan desain dari sistem monitoring yang penulis paper berikan.  Coordinator (WSN) berfungsi sebagai cluster Head yang mendistribusikan proses kerja sedangkan sensor node  berfungsi sebagai cluster member  yang menyampaikan data ke cluster head yang kemudian akan dikirimkan ke embedded gateway module komunikasi antara coordinator dan embedded gateway inilah yang menggunalan Teknologi ZigBee wireless.


3. APPLICATION OF WIRELESS SENSOR NETWORK IN MONITORING SYSTEM BASED ON ZIGBEE

ZigBee Wireless sensor network platform ini dikerjakan berdasarkan pada IoT application dimana terdapat 3 susunan layer arsitektur yang di gunakan



Perception Layer

Pada layer ini difungsikan untuk mengumpulkan data yang dibaca oleh sensor ataupun teknologi identifikasi lainya.


Network Layer

Pada layer network merupakan layer yang vital pada teknologi IoT. dimana data yang didapat dari sensor ataupun identifikasi tool di akses disini. Manajemen data dan prosessing yang diolah seperti penyimpanan, query, analisis, perhitungan, keputusan dan aksi.


Aplication Layer

Layer aplikasi dimana pada layer ini data yang didapat dari sensor dapat dimunculkan sebagai berbagai hal yang dibutuhkan pengguna untuk digunakan, seperti environmental awarness, intelligent transportation dan lainya.


4. Kesimpulan

Teknologi ZigBee adalah jenis terbaru untuk komunikasi wireless jarak pendek. ZigBee mengkonsumsi daya yang rendah, biaya yang murah, dan mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. ZigBee dapat dalam dipakai dalam sistem monitoring, pemakaian sensor dan segala jenis kegunaan dalam sistem kontrol.


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive