Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 31 May 2016

TUGAS BESAR - EKSPLORASI SOSIAL MEDIA




1. Facebook


Facebook adalah situs jejaring sosial populer gratis yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, upload foto dan video, mengirim pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman, keluarga dan orang lain. Situs, yang tersedia dalam 37 bahasa yang berbeda, termasuk fitur umum seperti :

  • Marketplace - memungkinkan anggota untuk mengirim, membaca dan menanggapi iklan baris.
  • Grup - memungkinkan anggota yang memiliki kepentingan bersama untuk menemukan satu sama lain dan berinteraksi.
  • Acara - memungkinkan anggota untuk mempublikasikan acara, mengundang para tamu dan melacak yang berencana untuk hadir.
  • Pages - memungkinkan anggota untuk membuat dan mempromosikan halaman publik dibangun di sekitar topik tertentu.
  • Teknologi Kehadiran - memungkinkan anggota untuk melihat kontak yang online dan chatting.

Perkembangan Facebook


Grafik pekembangan jumlah pengguna facebook ( September’09 – January ‘15)



2. Line



Line adalah sebuah aplikasi social media yang mempunyai fitur penyampai pesan singkat (chatting) gratis yang dapat digunakan di smartphone, tablet, dan computer. Line sediri pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada system  IOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan Blackberry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat mac dan Windows.

Untuk Keungulan dari aplikasi sosmed ini antara lain :
  • Line menyediakan Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak Line pengguna 
  • Merupakan aplikasi lintas platform
  • Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan dalam obrolan 

Untuk jumlah dari pengguna (user) pada saat pertama rilis di tahun 2011 sampai saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Yang pada saat ini jumlah penggunanya mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. Line juga menduduki peringkat 1 Aplikasi gratis di 42 negara.



3. Twitter



Twiiter adalah Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui  antarmuka  situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twiiter dengan ciri khasnya saat ini mempunyai sekitar 100 pengguna harian yang login dari 284 juta pengguna aktif dari sekitar satu triliun pengguna yang terdaftar saat ini .

Adapun data statistik lainnya adalah :
  • Persentase pengguna remaja sekitar 29 %
  • 80% pemimpin Negara di seluruh dunia mempunyai twiiter.
  • Sekitar 20 juta akun adalah akun palsu.
  • Jumlah Penguna laki-laki dan perempuan berimbang 50:50.
  • Pengguna aktif di Indonesia mencapai 20 juta.

Perkembangan Twitter



4. Tinder



Tinder adalah aplikasi yang bisa mempertemukan kita dengan teman yang sehobi dengan kita, atau bahkan pasangan idaman kita. Cara kerjanya yaitu dengan memanfaat kan data hal-hal yang disukai di facebook dan juga info lokasi pengguna.

Tinder dibuat oleh Sean Rad, Justin Mateen dan Jonathan Badeen. Pertama kali digunakan pada satu pesta di Uniersity of South California. Kemudian dibentuklah Tinder.inc yang merilis aplikasi Tinder di 12 September 2012. Kemudia pada tahun 2013 menjuarai TechCrunch’s Award untuk kategori “Best StartUp”.

Untuk penggunanya sekarang sekitar 10 juta pengguna aktif dari 50 juta lebih pengunanya. Dan hasilnya sekitar 1 milyar lebih user yang cocok sampai saat ini. Adapun pengguna berumur 18-24 tahun sekitar 50% dari keseluruhan. 


5. Snap Chat



Snapchat adalah aplikasi pesan foto yang dikembangkan Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih kuliah di Standford University yang dirilis secara resmi pada September 2011. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Foto dan video kiriman pengguna disebut "Snaps". Pengguna menetapkan batas waktu tersedianya Snaps mereka (per April 2014, batasnya antara 1 sampai 10 detik), lalu foto dan video tersebut disembunyikan dari perangkat penerima dan dihapus dari server Snapchat.

Data untuk Snapchat yang kami dapatkan :
  • Dari tahun 2011 rilis sampai sekarang penggunanya sekitar 100 juta lebih.
  • Sekitar 70% pengguna SnapChat adalah Perempuan.
  • Jumlah status di SnapChat (snaps) pada saat ini mencapai lebih dari 400.
  • Sekitar 71% pengguna SnapChat berumur dibawah 25 tahun.
  • Presentase Pelaku Usaha pengguna SnapChat sekitar 1%.

6. WhatsApp



WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip Blackberry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau Wifi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Untuk sekarang jumlah pengguna adalah sekitar 320 juta pengguna aktif dari 700 juta pengguna total. 

Adpaun fakta-fakta lain yaitu :
  • Sekitar 64 milyar pesan diproses setiap harinya.
  • 700 juta foto diupload dan dibagikan setiap hari.
  • Pendapatan WhatsApp untuk tahun 2012 adalah 3.8 juta dollar, sedangkan pada tahun 2013 adalah 10.2 juta dollar.


7. Google +



Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google inc.  Google+ diluncurkan pertama kali pada 28 juni 2011. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles.  Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. 

Perkembangan google+ bisa dikatakan meningkat sangat cepat jika dilihat dari jumlah penggunanya. Hal ini tidak terlepas dari Google sendiri yang sudah menjadi pemain lama dalam dunia maya. Bahkan untuk jumlah pengguna dari Google+ sendiri pada saat ini mencapai lebih dari  300 juta yang aktif setiap bulannya.


8. Instagram



Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring social termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi.

Pada awalnya Instagram didirikan oleh Burbn, Inc dan dikembangkan oleh Instagram.inc. Instagram dirilis pada 6 oktober 2010. Namun pada perjalannya pada tanggal 9 april 2012, Facebook mengambil alih Instagram dengan nilai  sekitar 1 milyar dollar.

Adapun Fakta-fakta yang telah kami dapat antara lain :

  • Instagram memiliki jumlah pengguna sekitar 300 juta dan sekitar 70 juta pengguna aktif setiap harinya.
  • 13% dari pengguna internet memiliki akun Instagram.
  • Persentase pengguna berumur 16-24 adalah 41% dari jumlah total.
  • Persentase pengguna laki-laki adalah 51%.


Download Tugasnya DISINI


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..