Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday, 18 September 2020

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel

Banyak orang mengira kalau liburan ke luar negeri, termasuk Korea Selatan membutuhkan biaya yang snagat besar. Itu tidak salah sih, namun kamu masih memiliki alternatif lain untuk menghemat biaya tersebut menjadi sedikit lebih murah. Caranya dengan menghitung pengeluaran, berikut hal-hal yang wajib kamu hitung :

1. Tiket Pesawat

Ada dua jenis penerbangan yang bisa kamu pilih, yaitu direct atau penerbangan langsung dan transit. Penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Bandara Internasional Incheon Seoul memakan waktu sekitar tujuh jam dengan biaya sekitar Rp 4-7 juta tergantung maskapai yang digunakan. 
Beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan langsung diantaranya Garuda Indonesia, Korean Air, Asiana Airlines. Sedangkan penerbangan transit waktunya bisa beragam tergantung maskapai dan negara transitnya. Tapi biasanya sekitar 11 jam perjalanan. Biasanya harga tiket penerbangan transit lebih murah, yaitu kisaran Rp 2-4 juta. Maskapai yang menyediakan rute penerbangan transit di antaranya Air Asia, Malaysia Air, China Eastern, Cathay Pasific.

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


2. Rekomendasi Penginapan

Sebagai alternatif tempat menginap yang lebih murah, Han Seoul menyarankan kamu menyewa via Airbnb. Harga yang dipatok beragam tergantung jenis penginapannya. Di Seoul, kamu bisa menemukan guest house mulai dari harga Rp 100 ribu per malam. Sedangkan peninapan Airbnb dengan fasilitas yang sudah bagus dan nyaman dibandrol Rp 380 ribuan.

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


3. Transportasi Selama Di Korea

Perlu diketahui kalau di Korea Selatan tidak ada layanan sharing ride service seperti Gojek atau Grab. Kalau pun ada, itu buatan Korea dan area operasionalnya masih kecil. Jadi, mereka paling banyak menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta bawah tanah atau tkasi. Tidak perlu takut tersesat, kamu tinggal download Kakao Map atau Naver Map di Play Store dan App Store. Ga cuma menunjukkan arah peta tujuan, ada pula petunjuk lengkap soal bus atau kereta apa yang harus kamu naiki untuk menuju ke sana. Di banding Google Map, dua aplikasi tersebut lebih faktual dan berfungsi Korea Selatan.

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


4. Harga Makanan

Harga makanan disana tentunya beragam, tergantung menu dan dimana kamu menyantapnya saja. Tapi kalau dipukul rata, Hanseol menjelaskan biaya makan di Korea sekitar Rp 75-113 ribu per porsi. Kalau kamu makan di restoran, atau buffet, tentu saja jadi lebih mahal. Ia juga menyarankan alternatif tempat makan dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu supermarket yang menjual nasi atau bento. Kamu bisa lebih hemat karena harganya sekitar Rp 44 ribu saja.

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


5. Uang Saku

Soal uang saku, setiap orang pasti punya pertimbangan dan kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Jadi ga ada patokan khusus berapa uang saku yang harus kamu bawa saat berlibur ke Korea. Coba perhatikan berapa budget yang kamu butuhkan saat berlibur ke Bali atau Bandung dan tinggal konversi jumlahnya dari Rupiah ke Won. Misalnya kamu menghabiskan uang Rp 1 juta saat di Bali, maka kamu bisa menyiapkan uang saku 1 juta won atau setara dengan Rp 12 juta (jika kamu jajan dengan kebutuhan yang banyak) untuk menimalnya kamu bisa bawa Rp 3-5 juta (untuk 2 minggu).

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


6. Internet dan Wifi

SK Telcom, KT danLG U+ adalah tiga provider paling besar yang ada di Korea Selatan dan semuanya memiliki layanan sewa portable WIFI. HArga sewanya berbeda-beda. KT memasang tarif sekitar 8.800 Won atau Rp 100 ribu per hari, sedangkan SK Telcom atau SKT tarifnya paling murah sekitar 3.000 Won atau Rp 37 ribu. Biasanya semakin lama durasi sewa, maka semakin murah pula harganya dan harga di atas adalah untuk kuota unlimited. Namun, kamu perlu memiliki kartu kredit sebagai syaratnya.

Cara Menghitung Budget Liburan Ke Korea Selatan. The Zhemwel


Jadi gimana, sudah ada gambaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati liburanmu di Korea Selatan?


By : konectkorea.id

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive