Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Wednesday, 1 July 2020

4 Dampak/Akibat Ketika Kamu Sering Begadang


Dampak Begadang

Aktivitas begadang menjadi aktivitas yang tak bisa dihindari bagi pekerja malam. Rata-rata para pekerja malam akan mengalami ini karena mereka bekerja saat malam. Tak hanya itu para pekerja yang sering lembur juga akan mengalami hal ini. 

Aktivitas ini bisa berdampak buruk bagi pekerja. Dampak utamanya adalah kelelahan. Kelelahan bisa disebabkan dari kurangnya jam tidur saat malam yang bisa menyebabkan Anda kekurangan energi saat beraktivitas. Artikel ini akan menjelaskan dampak negatif begadang bagi kalian para pekerja.


1. Begadang Menyebabkan Pelupa

Dampak negatif kebanyakan begadang bagi pekerja adalah menjadi pelupa. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, otak akan mengalami proses regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan. Proses ini juga akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian otak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori jangka panjang.

Nah regenerasi sel itu akan terhambat dengan aktivitas begadang. Akibatnya hal ini akan meningkatkan rasa mengantuk sehingga Anda menjadi sulit berkonsentrasi. Maka kebiasaan begadang sangat tak dianjurkan dilakukan dalam waktu yang panjang.





2. Menurunkan Konsentrasi

Dampak negatif dari begadang adalah memberikan kelelahan bagi tubuh dan pikiran. Efek lanjutanya adalah hal ini bisa mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah serta konsentrasi. 

Selain itu, begadang juga bisa mengurangi kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan. Kesulitan fokus dapat berakibat pada kecelakaan saat berkendara atau bekerja. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi pekerja yang kerja di lingkungan pabrik.


3. Gangguan Depresi

Bahaya yang bisa saja menimpa orang yang sering begadang di malam hari adalah depresi. Dikutip dari Halosehat, kebanyakan orang yang didiagnosis mengalami depresi dan kecemasan, adalah mereka yang tidur kurang dari enam jam di malam hari. Padahal idealnya orang bekerja selama delapan hingga sembilan jam sehari. Jam tidurnya juga sekitar delapan jam dalam sehari.

Kurangnya waktu tidur yang kurang menyebabkan kurangnya regenerasi sel dan mengakibatkan kelelahan berpikir sehingga berujung kepada depresi. Depresi juga muncul dari minuman berkafein yang Anda gunakan untuk mengatasi rasa kantuk. Sebaiknya memang Anda mulai membatasi lembur untuk mengatasi gangguan depresi.


4. Pekerjaan Terhambat Karena Timbunan Penyakit

Pekerjaan Anda akan terhambat karena timbunan penyakit yang disebabkan oleh kebanyakan begadang.  Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology mengungkapan bahwa bekerja lembur, dengan berkurangnya waktu tidur malam, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80 persen. Dari hasil studi tersebut ditemukan bahwa karyawan yang sering bekerja lembur secara signifikan rentan menderita serangan jantung dan stroke. 

Penyebabnya dikatakan oleh Ketua studi Dr Marianna Virtanen, peneliti dari Institut Finlandia, bahwa orang yang sering lembur rentan mengalami kombinasi stres, tekanan darah tinggi, dan diet tidak sehat, sehingga akhirnya menyebabkan masalah jantung.



Sumber Info : @tirto.id

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive