Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Thursday, 2 July 2020

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit The Zhemwel




Jika berbicara tentang teman, jenis teman begitu banyak. Seperti, teman cerita, teman penolong atau bahkan teman nongkrong. Tapi bagaimana kalau kamu punya teman yang hobinya habisisn duit, Seperti jalan ke, kemudian jalan ke sini dan beli itu-itu. Aduhhh, pasti ga sesuai banget sama kamu yang punya duit pas-pas-an atau kamu yang berjiwa hemat. Jadi admin akan kasih tahu beberapa tips untuk menolak ajakan teman kalau ia ngajak kamu pergi.

1. Ajak Melakukan Kegiatan Lain

Mungkin kalian terlalu sering ke tempat yang cukup menghabiskan duit selama ini. Kamu bisa menawarkannya untuk melakukan kegiatan baru yang pastinya lebih hemat dari sebelumnya. Mungkin saja temanmu juga lagi butuh melakukan kegiatan baru karena ia sudah bosan ke mall. Seperti jalan-jalan ke pantai yang dekat dengan lokasimu, atau ke kebun binatang. Seru lho kalo kamu coba sekali-sekali.

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit The Zhemwel


2. Jujur dengan Bilang Kalau Kamu Ingin Mengurangi Kegiatan Tersebut

Kamu jangan berpikir kalau menolak ajakan berarti kamu tidak menyukai pertemanan kalian lagi, namun kamu hanya ingin mengurangi kegiatan yang membuat kamu menjadi semakin boros. Kamu bisa berkata dengan jujur dan ungkapkan secara baik-baik apa alasan kamu menolaknya dan apa tujuan kamu menolaknya. Jangan sampai pertemanan menjadi merenggang hanya karena kamu menolaknya.

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit The Zhemwel



3. Jujur Kalau Kamu Lagi Ingin Menghemat

Kamu tidak menjadi rendah hanya karena kamu jujur kalau kamu ingin berhemat. Kamu bisa jelaskan dan bicarakan baik-baik apa tujuanmu sehingga kamu berhemat, kamu bisa kasih tahu alasan kenapa kamu mulai berhamat atau kamu bisa mengasih tahu daftar keuangan mu dan menjelaskan kemana saja uang yang akan kamu keluarkan dan kamu tabung, dengan demikian temanmu akan mengerti bahwa kamu memiliki daftar uang yang sudah terencana. Namun kalau ia masih tidak mengerti, itu tidak salahmu kok, mungkin temanmu belum bisa menerima saja akan sikap mu yang seperti ini. Namun perlahan, yakinlah bahwa temanmu akan sadar apa dari tujuanmu untuk berhemat.

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit The Zhemwel



4. Ajak Temanmu Untuk Berhamat Juga

Kalian pasti sudah cukup dekat untuk menjadi teman selama ini. Dan pastinya kamu sudah sedikit tahu tentang temanmu dan sebaliknya temanmu sudah sedikit mengetahui tentang dirimu. Kamu bsia saja mengajaknya untuk bicara serius tentang duit. Pertama kamu jelaskan manfaat menabung, kemudian cara untuk berhemat dan seterusnya. Mungkin awalnya temanmu akan menolak, namun kamu bisa memberi dia waktu untuk berpikir di dukung dengan aksi nyata kalau kamu beneran hemat. Pasti dia akan luluh ehehe.

Tips Menolak Ajakan Teman yang Sering Buang-Buang Duit The Zhemwel




Sekian beberapa tips untuk menolak ajakan teman yang sering menghabiskan duit kamu. Hemat bukan berarti kamu tidak bisa lagi beli ini-itu, tidak bisa nongkrong. Namun, tingkat keseringannya berkurang, dan uang yang dikeluarkan tidak sebesar waktu dahulu kalian keluar. Tetap semangat yah:)


By : Tabloid Keuanganku

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive