Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Friday, 7 August 2020

5 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Cenderung Negatif Thinking

5 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Cenderung Negatif Thinking The Zhemwel
Pikiran negatif sangatlah mengganggu dan menyiksa. Dibelenggu pikiran negatif atau yang sering disebut negative thinking memang mengganggu hari-hari dan bikin seseorang menjadi tidak fokus menjalani kegiatannya. Ternyata ada alasan psikologis mengapa seseorang menjadi cenderung berpikir negatif, simak yuk!


1. Lingkungan

Lingkungan sekitar adalah salah satu faktor utama dari negatif thinking. Kecenderungan berpikiran negatif tentang diri sendiri ataupun hal disekitarnya merupakan bahasa yang di pelajari dari lingkungan terdekat. Artinya, jika seseorang tumbuh dalam lingkungan yang mudah untuk mengkritik atau merendahkan orang lain, maka ia akan cenderung melihat hal sekitarnya dengan cara demikian. Hal ini membuat seseorang jadi cenderung berespon negatif secara otomatis, bahkan memandang negatif akan dirinya sendiri.

5 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Cenderung Negatif Thinking The Zhemwel


2. Biologis

Manusia secara biologis pada umumnya lebih mudah menyimpan hal negatif daripada menyimpan ingatan positif. Sehingga, untuk dapat mempertahankan dirinya, otak menjadi peka untuk menangkap ancaman yang datang dari mekanisme pertahanan diri dari ancaman tersebut.

5 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Cenderung Negatif Thinking The Zhemwel


3. Pelampiasan Emosi

Setiap manusia sering merasa susah untuk mengontrol sesuatu yang di luar dirinya. Dan sebaliknya, kita akan bisa menguasai apa yang dalam diri kita. Hal ini yang menjadikan diri kita sebagai objek yang paling mungkin untuk disalahkan atas ketidaknyamanan yang kita rasakan. Inilah yang membuat kita sering berpikir negatif tentang diri sendiri.

5 Alasan Psikologis Mengapa Seseorang Cenderung Negatif Thinking The Zhemwel


Itulah alasan psikologis yang paling utama mengapa seseorang cenderung negatif thinking. Apakah kamu pernah merasakan salah satunya? Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki negatif thinking dalam dirinya, namun kembali lagi, tergantung bagaimana sang individu mengontrol pikiran negatif tersebut. Semangat:)


By : dunia.kita.co.id


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive