Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Tuesday, 11 August 2020

Cara Menangani Toxic Family

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel

Memutus hubungan dengan keluarga yang toxic bukanlah jalan keluarnya, karena toh mereka adalah keluarga kita sendiri. Namun juga bukan berarti kamu harus diam saja ketika kamu merasa kelelahan dengan semuanya baik secara mental atau pun emosional. Berikut cara menangani toxic family :


1. Batasi Interaksi

Kamu bisa menjaga jarak saat kamu sedang terpuruk akibat sikap dan sifat mereka. Dan juga kamu bisa membatasi interaksi dengan mereka, baik untuk jangka pendek atau pun jangka panjang. Batasi interaksi di sini bukanlah tidak berinteraksi dengan mereka sama sekali, namun melakukan interaksi yang sucukupnya saja, guna mencegah kamu terlukai oleh perkataan dan perbuatan mereka.

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel


2. Tidak Memaksakan Diri Untuk Datang Acara Keluarga

Acara keluarga merupakan kegiatan dimana beberapa keluarga untuk berkumpul di suatu tempat dan melakukan suatu kegiatan secara beramai-ramai. Saat kumpul keluarga, kemungkinan kamu akan bertemu dengan berbagai sanak saudara, bahkan bertemu sepupu kamu yang toxic. Jika kamu merasa tidak aman dengan kehadiran keluarga yang toxic, kamu sah saja kok kalau tidak hadir ke acara keluarga tersebut. Demi menjaga emosi dan mental kamu.

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel


3. Mengganti Topik Pembicaraan

Ketika kamu menjalin interaksi dengan keluarga yang toxic, tidak jarang kamu akan melakukan interaksi berupa berbicara dengannya. Jika kamu merasa topik yang kalian bahas membuat kamu tidak nyaman, kamu bisa perlahan mengganti topik pembicaraanmu agar kamu terhindar dari sikap dan sifatnya yang toxic.

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel


4. Batasi Hubungan Interpersonal

Sedikit sama dengan poin pertama, ketika kamu berada dalam acara keluarga, kemungkinan keluarga toxic kamu akan hadir di sana. Namun tidak mungkin jika kamu mendiaminya saja dan tidak menegurnya. Kamu bisa kok sekadar basa-basi kemudian pergi ke sanak saudara yang lainnya. Kamu hanya cukup untuk membatasi hubungan interpersonal dengannya.

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel


5. Mengubah Energi Ketika Bersama

Tidak jarang perkataan mereka dan atau perbuatan mereka menyakiti kita. Sehingga saat sebelum kamu bertemu mereka kamu memiliki energi yang buruk, karena ada sakit yang kamu simpan. Tapi jangan sampai mereka tahu kalau kamu terluka ya, jangan-jangan mereka malah akan senang saat kamu merasa tersakiti.  Jadi kamu bisa mencari cara bagaimana untuk mengubah dan mengontrol emosi dan energi kamu sebelum bertemu dengan mereka ya.

Cara Menangani Toxic Family The Zhemwel


Masih banyak cara kamu menangani keluarga yang toxic, tapi beberapa poin di atas sering mimin lakukan ketika mimin. Karena tips di atas termasuk 'sedikit mudah' untuk di lakukan. Kamu manusia kuat, jadi tetaplah semangad:)


By : @ShantaMoyra

No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive