Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Sunday, 2 August 2020

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis The Zhemwel

Dalam melakukan kegiatan, kita akan melakukannya dengan santai jika sedang memiliki mood yang baik. Dan sebaliknya, tidak akan ada motivasi jika sedang memiliki mood yang buruk. Begitu juga saat ingin menulis. Terkadang akan mendapat banyak inspirasi jika mood sedang baik-baiknya, namun akan hilang seketika jika mood tiba-tiba jelek. Berikut tips rahasia membangkitkan mood menulis. Simak ya!


1. Ingat Tujuan

Setiap menjalani kegiatan, kita pada dasarnya mau melaksanakannya karena ada tujuan yang ingin kita capai. Begitu juga saat kamu memilih untuk menulis, pasti kamu punya tujuan. Saat mood sedang tidak baik, coba deh kamu ingat lagi alasan kamu menulis dan apa akibat jika kamu tidak menulis. Semakin jelas tujuanmu, semakin mudah mengembalikan mood menjadi baik. Contohnya, kamu menulis untuk bayar kuliah, lalu kamu berpikir jika berhenti menulis, bagaimana dengan uang kuliah mu?

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis The Zhemwel


2. Perbanyak Membaca

Mood buruk sering sekali terjadi karena belum menguasai apa yang akan di tulis, perbanyak baca seputar topik yang akan di tulis. Atau bisa sekadar membaca novel favorit dan mengamati cara penulis menyusun kalimat. Semakin banyak yang kamu membaca, semakin banyak perbendaharaan kata dan refrensi teknik menulis dari para penulis lain.

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis The Zhemwel


3. Istirahat Sejenak

Mood buruk bisa terjadi karena kamu terlalu lelah mengerjakan sesuatu secara berlebihan. Maka, cobalah untuk beristirahat sejenak untuk mengumpulkan energi. Cara yang sering dilakukan adalah dengan istirahat selama 5 menit setiap 25 menit pekerjaan. Misal, kamu berencana menulis 2 jam, maka setiap 25 menit kamu harus berhenti selama 5 menit untuk istirahat.

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis The Zhemwel


4. Jalan dan Nonton

Jika benar-benar buntu, tak ada salahnya untuk keluar sejenak dan menghirup udara segar. Jalan sejenak untuk mengusir penat, kuliner di pinggir jalan, pergi ke coffee shop atau naik motor lalu keliling komplek. Atau bisa juga dengan menonton film atau video YouTube kesayanganmu. Tapi ingat, jangan sampai larut dan lupa tujuan utama kamu untuk menulis ya.

Tips Rahasia Membangkitkan Mood Menulis The Zhemwel


Tips di atas silakan di coba selama seminggu dulu ya, apakah berhasil meningkatkan mood kamu untuk menulis. Kalau berhasil kasih tahu di comment ya! Kalau tidak, kamu harus tetap semangad intinya, hehe.


By : @shantamoyra


No comments:

Post a comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive